Rabu, 15 April 2009

Dibalik Berbagai Kejadian

Didalam kehidupan kita, ada beberapa hal yang terjadi pada diri kita secara langsung atau tidak ,baik kita menyukainya atau tidak menyukainya. Yang pertama adalah hal yang kita ingin terjadi pada diri kita seperti doa dan harapan. Pada kenyataannya doa dan harapan ada yang menjadi nyata dan ada yang tidak bisa di wujudkan. Yang kedua adalah sesuatu yang tidak kita harapkan terjadi pada diri kita. Dan inipun ada yang menjadi nyata dan ada yang berhasil kita hindari. Yang ketiga adalah hal-hal yang tidak pernah kita fikirkan tiba-tiba terjadi pada diri kita, seperti kecelakaan atau mungkin malah mendapat undian atau apapun yang bersifat spontan. Tetap saja hal ini ada yang kita sukai ada yang tidak.
 
Jika kita telah mengetahui bahwa selalu ada dua sisi mengenai apapun yang terjadi pada diri kita etapi mengapa kita masih saja merasa sakit ketika hal yang tidak kita sukai datang dan merasa bahagia ketika hal yang kita sukai terjadi. Jawabannya mungkin cukup sederhana yaitu kita tidak mengetahui kapan, dimana dan cara bagaimana sesuatu terjadi pada diri kita. ketidak tahuan itulah sebenarnya sumber dari segala sesuatu. Ketidak tahuan kita membuat kita melakukan beberapa hal pertama kita berusaha menari tahu yang kedua bersandar kepada yang maha tahudan yang terakhir adalah oarang yang tidak mau tahu. sebenarnya masig banyak cakupannya tapi kita persingkat saja secara garis besar.
 
Lalu apa kesimpulan dari semua uraian tadi ? cuma sekedar mengingatkan bahwa apapun yang terjadi pada diri kita baik yang kita senangi, yang tidak kita sukai maupun yang tidak terduga harus tetap berpegang teguh kepada sang Pemberi kejadian tersebut agar kita belajar mengenai rasa syukur, rasa sabar dan rasa ikhlas menerima pemberianNya
 
Renungan Pendek, Jakarta 16/04/09