Jumat, 16 Oktober 2009

Keadilan dan Kejujuran

" Dosa tertua adalah kesombongan ,  bibit dari segala kejahatan adalah ketidak jujuran dan tonggak hidup yang paling susah didirikan adalah keadilan, " kata pak Yanuar kepada anaknya Farid diatas sepeda yang dia kayuh menuju rumah. Pak Yanuar adalah kepala sekolah dasar dan pemuka masyarakat di daerahnya. Dia mencalonkan diri sebagai anggota legislatif tingkat daerah sewaktu pemilihan umum lima tahun sekali. Pak Yanuar mempunyai dua orang anak laki-laki, yang tertua bernama Hamzah dan yang nomor dua bernama Farid. Kedua anaknya masih duduk dibangku Sekolah menengah pertama. Hamzah kelas tiga dan Farid kelas satu.
 
Tanpa diduga Pak Yanuar akhirnya masuk dalam deretan tim elit nasional itu, anggota legislatif, jabatan yang di perebutkan banyak orang dengan mengorbankan harta benda, tentu saja untuk mendapatkan reward yang lebih besar, pertanyaanya dari mana ? Pak Yanuar berusaha melepaskan diri dari berbagai kepentingan yang memerlukan suaranya untuk melonggarkan pengawasan pada aparat eksekutif. Di dunia politik kolusi menciptakan konspirasi adalah cerita basi dan tidak sedikit yang telah menjadi korban birokrasi tersebut.
 
" Hai rid, kok ayahnya jadi anggota legislatif jadi malah jualan koran, emang gaji legislatif lebih rendah dari gaji kepala sekolah ?" kata teman sekolah Farid yang melihatnya mengantar koran sewaktu akan berangkat sekolah. "Gak juga ,iseng aja", jawab Farid dengan santai. Berbeda dengan Farid, kakaknya, Hamzah justru berbanding terbalik , sejak ayahnya jadi anggota dewan dia jadi lebih dermawan dimata teman-temannya alias sering mentraktir makan. Walaupun berbeda dalam hal pengeluaran tetapi Pak Yanuar tidak pernah membedakan di dalam memberikan belanja buat anaknya.
 
Waktu berlalu tanpa terasa , setelah lima tahun menjabat, Pak Yanuar tidak terpilih untuk periode selanjutnya dan tidak mungkin kembali kepada jabatan lama karena telah di isi oleh orang lain. Hamzah anak pertama telah duduk di bangku perguruan tinggi dan membutuhkan banyak biaya sedangkan Farid duduk di bangku kelas 2 Sekolah menengah atas. Atas beberapa referensi Pak Yanuar berhasil menadapat posisi lama sebagai kepala sekolah sekolah menengah atas di luar kota. Untuk biaya kuliah anaknya Pak Yanuar menjual mobil yang di peroleh dari hasil gaji sebagai anggota legislatif meskipun dia juga mendapat kendaraan dinas. Setelah semua dikembalikan kepada negara Pak Yanuar pindah keluar kota bersama keluarga. Farid ikut serta sedangkan Hamzah kost di Jakarta.
 
Ketika akan berangkat pertama kali ke sekolah tempatnya bekerja Pak Yanuar dikagetkan dengan sebuah sepeda motor didepan rumahnya. Ternyata sepeda motor itu adalah hadiah dari Farid  untuk semua kejujuran ayahnya dalam memegang amanah sebagai anggota legislatif.
" Dulu ayah pernah mengatakan kepada Farid tentang keadilan dan kejujuran dan Farid tidak menghiraukannya" Kata Farid kepada ayahnya, kemudian dia melanjutkan " Ketika Farid lihat ayah bekerja keras mememegang prinsip tadi, maka saat itulah Farid mendapat pengajaran yang sesungguhnya, lalu keadilan seperti apa yang bisa Farid perbuat dimana ayah bersusah payah bekerja lalu Farid menghambur-hamburkan uang hasilnya ?...tidak ...Farid bekerja sama seperti ayah...sepeda motor itu adalah uang jajan yang ayah berikan selama lima tahun ayah menjabat sebagai anggota legislatif.....ayah telah memberikan kebanggaan kepada Farid dan itu sudah cukup" kata Farid dengan mata berkaca-kaca
 
Pak Yanuar hanya tersenyum sambil memandang motor baru didepannya " Bapak berusaha sekeras mungkin menampik pemberian orang sewaktu menjabat dulu, dan Allah telah membalasnya dengan pemberian yang indah Farid, terimakasih nak, Tegakkanlah kejujuran dan keadilan di hatimu, luruskanlah, tolong ingatkan kakakmu kalau dia lupa...tidak ada manusia yang sempurna dalam menyikapi sesuatu" kata Pak Yanuar sambil menarik nafas panjang dan pergi kesekolah bersama motor barunya

2 komentar:

  1. SIP.. Kejujuran adalah Segalanya..

    BalasHapus

  2. Senang rasanya bisa berkunjung ke website anda" mudah-mudahan
    infonya bermanfaat Terimakasih sudah berbagi

    BalasHapus